Sabtu, 17 Maret 2018

Tips Mempersiapkan Dana Untuk Mudik Lebaran 2018


Lebaran menjadi salah satu momen yang paling kita nanti-nantikan. Terlebih bagi kita yang tengah berada di perantauan. Dimana lebaran adalah signal bagi kita untuk mempersiapkan rencana pulang kampung atau mudik. Ya, tentu kita ingin merayakan lebaran bersama keluarga besar bukan? Sayangnya, biaya mudik lebaran 2018 ini tidaklah sedikit. Sehingga mencari pinjaman uang adalah salah satu alternatif yang dapat kita lakukan. 

Meminjam uang menjadi solusi terbaik bagi kita yang tengah membutuhkan dana tambahan. Hanya saja jangan sampai kita meminjam uang di rentenir. Masalah kekurangan dana memang dapat terbantu berkat adanya uang pinjaman dari rentenir, namun besoknya kita sudah harus pusing dikejar-kejar rentenir. 

Untuk itu pastikan kita melakukan pinjaman uang di penyedia pinjaman yang profesional. Apalagi dana pinjaman ini akan kita gunakan untuk melakukan rutinitas mudik, lebaran hingga perjalanan pulang nantinya. Jangan sampai momen lebaran bersama keluarga tercinta tidak terasa membahagiakan karena pikiran dihantui hutang dan tagihan rentenir. 

Banyak persiapan yang harus dilakukan jelang momen mudik dan lebaran. Apa saja tips mempersiapkan dana untuk mudik lebaran 2018 yang dapat kita lakukan? Berikut uraiannya. 

Tiket atau Kendaraan 

Perjalanan mudik bisa kita lakukan dengan mengendarai kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Namun jika memiliki anak yang masih kecil, ada baiknya kita membawa kendaraan pribadi. Ini bertujuan supaya si kecil tidak rewel karena merasakan sesaknya transportasi umum saat musim mudik lebaran. 

Akan tetapi, jangan lupa untuk melakukan pemeliharaan pada kendaraan pribadi kita. Mengingat kendaraan ini nantinya akan dipakai untuk perjalanan jauh, maka kita harus memastikan bahwa kendaraan dalam kondisi normal dan layak jalan. 

Sedangkan jika kita berencana mudik dengan mengandalkan transportasi umum, maka langkah yang harus dilakukan sedini mungkin adalah membeli tiket perjalanan. Entah itu tiket pesawat, bus, atau kereta api tetap harus dibeli jauh-jauh hari. Dengan begitu kita akan terhindar dari resiko antrian panjang saat membeli tiket. 

Beli pakaian baru 

Meski bukan keharusan dan bukan kewajiban, rasanya memang ada yang kurang jika kita berlebaran tanpa memakai pakaian baru. Untuk itu tidak ada salahnya apabila kita memasukkan agenda belanja pakaian baru pada list kebutuhan jelang mudik atau lebaran. 

Selain itu, tentunya kita juga ingin membelikan pakaian baru untuk keluarga di rumah. Jadi sah-sah saja jika merencanakan anggaran untuk beli baju lebaran. Manfaatkan pinjaman uang jika tabungan mulai menipis. 

Beli oleh-oleh atau bingkisan 

Jauh-jauh dari perantauan dan pulang ke kampung halaman namun tidak membawa oleh-oleh atau bingkisan tentulah menjadikan momen mudik kurang greget. Apalagi kita belum tentu bisa mudik setiap tahun. Jadi siapkan dana khusus untuk beli bingkisan untuk keluarga di kampung halaman. 

Dana darurat 

Menyiapkan dana darurat dalah bentuk antisipasi apabila muncul kebutuhan di luar perkiraan. Tentu semua berharap perjalanan mudik bisa mulus dan lancar. Namun akan lebih baik apabila kita menyiapkan dana darurat. Untuk dana darurat ini disarankan dalam bentuk tunai saja. 

Biaya hidup selama mudik 

Tidak terhenti pada persiapan mudik lebaran saja, saat mudik kita juga membutuhkan biaya hidup yang harus disiapkan jauh-jauh hari. Sekalipun kita tinggal di rumah orang tua atau saudara, bukan berarti kita harus membebankan semua kebutuhan pada si pemilik rumah. Selain itu akan ada rasa sungkan jika kita merepotkan anggota keluarga lain. Untuk itu alokasikan dana yang nantinya akan digunakan selama masa-masa mudik. 

Demikianlah beberapa persiapan yang penting dilakukan sebelum melakukan mudik lebaran 2018. Ternyata banyak sekali ya yang harus disiapkan. Belum lagi kita juga harus menyiapkan THR untuk sanak saudara di kampung. Beruntungnya kita bisa memanfaatkan pinjaman uang dari Tunaiku. Proses pengajuannya mudah, cepat dan akurat. 



Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Follow by Email

Label