Kamis, 28 September 2017

Kenali 7 Tahap Perkembangan Otak Anak Usia 1-10 Tahun


Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan seorang anak mendapat proporsi lebih besar diturunkan dari sang ibu. Sebenarnya hal ini juga dipengaruhi dengan pola asuh sang ibu yang cenderung menghabiskan waktu lebih banyak dengan anak. Seorang ibu yang cerdas akan mudah menjawab berbagai pertanyaan anak di usia emas mereka. Secara detail, Anda perlu tahu tahap perkembangan otak anak sejak hamil hingga usia 10 tahun berikut.

1. Usia 1-2 Tahun
Perkembangan motorik merupakan paling dominan di usia ini, yaitu sejak dalam kandungan hingga usia 2 tahun. Kesehatan dan nutrisi yang cukup sangat penting untuk ibu hamil, terutama asupan yang mengandung Omega 3 atau DHA sangat baik untuk perkembangan otak bayi, dari bulan ke 7 hingga masa menyusui.

Saat lahir, bayi memiliki lebih dari 100 miliar sel otak yang membantu mengontrol fungsi-fungsi utama dalam tubuh, dari sistem pernafasan hingga fungsi intelektual. Pola asuh positif membantu perkembangan otak anak, sedangkan pola asuh negatif menyebabkan masalah emosional dan perilaku. Mengajak bicara meski belum mengerti adalah cara ampuh untuk merangsang perkembangan bahasanya.

2. Usia 2 tahun
Perkembangan emosional lebih ditunjukkan pad usia ini, khususnya usia 10-18 bulan. Penglihatan pun berkembang dengan baik sehingga saat jika ingin memilihkan mainan untuk anak, pilih yang sesuai dengan setiap tahap perkembangannya agar dapat merangsang perkembangan kecerdasannya, motorik, emosional, serta logika. IQ anak dari orang tua dwibahasa lebih menonjol pada usia ini. 

3. Usia 3 Tahun
Pada tahap usia ini, anak sangat aktif berbicara dan bertanya tentang banyak hal baru pada Anda. Ajari dan bimbing ia dalam mempelajari kosa kata baru karena usia 3 tahun, koneksi antar sel paling banyak terjadi sehingga memudahkan anak untuk cepat belajar dan memahami lingkungannya.

4. Usia 4 Tahun
Pembelajaran logika/matematika dan kemampuan bahasa terjadi pada usia ini. Membimbing mereka dengan permainan ringan mengasah otak dapat memaksimalkan kedua pembelajaran ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak usia 4 tahun yang jago menghitung, bermain peran, menggambar dan melukis cenderung memiliki IQ lebih tinggi dari anak lainnya. 

5. Usia 5 Tahun
Anak-anak sudh pandai berimajinasi dan berkelit saat melakukan kesalahan. Hasil penelitian di Institut Child Study di Toronto University yang melibatkan yang melibatkan 1.200 anak-anak usia 2-17 menunjukkan bahwa anak-anak yang bisa mendongeng memiliki IQ tinggi, terutama anak usia 5 tahun.

6. Usia 6 Tahun
Kecerdasan anak dalam bermain musik atau sekadar memukul-mukul barang hingga menimbulkan nada tertentu, berkembang pada usia ini. Bimbing anak dengan memberikan alat music mainan karena bermain musik dapat membantu meningkatkan kecerdasan emosional anak usia 6 tahun. Anak-anak yang dapat memainkan instrumen musik cenderung cerdas, mampu melatih kecemasan dan emosinya. 

7. Usia 7 Tahun
Biasanya anak sudah bisa membaca pada usia ini. Bimbing anak dengan memberinya bacaan yang baik dan penuh hikmah seperti Kisah 25 Nabi dan Rasul agar kecerdasan verbal dan spiritualnya seimbang. Anak-anak yang memiliki kemampuan membaca di usia rata-rata tujuh tahun, cenderung memiliki IQ tinggi.

8. Usia 8 Tahun
Pada usia ini, anak cenderung berontak dan memiliki emosi meletup-letup. Bimbing ia dengan pola asuh yang baik, mengajarinya sopan santun dan mengenal Tuhan dengan mengajaknya secara intensif untuk beribadah bersama.

9. Usia 9 Tahun
Biasakan anak untuk sarapan di rumah karena anak yang terlatih sarapan sejak dini, cenderung memiliki IQ di atas rata-rata. Ilmuwan dari University of Cardiff menemukan fakta bahwa dari 5.000 anak-anak yang dijadikan sampel, anak yang biasa sarapan memiliki nilai tinggi dalam tes akademiknya.

10. Usia 10 Tahun
Perkembangan signifikan pada usia ini adalah senang berbicara. Pada permainan petak umpet atau lainnya, ia dapat melakukan koordinasi dan membuat aturan sendiri dalam permainan. Bimbing ia agar tidak mengatakan kalimat negatif.

Dapatkan informasi lainnya terkait perkembangan otak anak di laman resmi Wyeth Nutrition, wyethnutrition.co.id. Dengan mengetahui masa-masa perkembangan otak anak, Anda dapat memberikan pengaruh positif pada setiap tahap usianya karena perkembangan tiap anak usia 1-10 tahun berbeda. Jadi, bimbing dia dengan pola asuh yang baik agar pembelajaran yang menunjang perkembangan otaknya pun berkembang ke arah positif.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Follow by Email

Label